lemonade
where dream meets reality
Apa yang dimaksud dengan Server Side Scripting dan Client Side Scripting?
Categories: apaan sih?

Server side scripting merupakan sebuah teknologi scripting atau pemograman web di mana scrip di kompilasi atau di terjemahkan di server yang memunkinkan untuk menghasilkan halaman web yang dinamis.

Beberapa contoh server side scripting (Programming):

· ASP

· ColdFusion

· Java Server Pages

· PERL

· Phyton

· PHP

Client Side Scripting merupakan jenis script yang pengolahannya dilakukan di sisi client. pengolahan disini berarti “di terjemahkan / interpreted” yang memiliki tugas untuk menterjemahkan script jenis ini disisi client adalah web browser. agar semua script yang masuk kategori ini dapat diterjemahkan oleh web browser maka didalam web browser terdapat sebuah komponen/ modul/ “engine” yang memiliki daftar pustaka (library) yang mampu mengenali semua perintah-perintah yang terdapat pada kategori client side scripting. berikut contoh web browser yang populer digunakan: internet explorer, mozilla firefox, opera, safari(macintosh).

berikut adalah contoh client side scripting: javascript, vbscript, activeX, dll. client side scripting merupakan script yang digunakan untuk membantu standard static HTML menjadi lebih dynamic.

Leave a Reply